Press Release Prakiraan Musim Hujan 2020/2021 Provinsi Kalimantan Selatan

Banjarbaru (29/09/2020) BMKG Stasiun Klimatologi Banjarbaru melakukan kegiatan Press Release Prakiraan Musim Hujan 2020/2021 Provinsi Kalimantan Selatan secara daring. Kegiatan Online Meeting ini dibuka oleh DR. Ir. Dodo Gunawan, DEA Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG.

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG membuka acara

Adhitya Prakoso, M.Met. dari BMKG Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, menyampaikan update informasi cuaca terkini di Kalimantan Selatan. Beliau menyampaikan kondisi cuaca beberapa hari yang lalu dan prediksi beberapa hari ke depan, sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Perlunya kewaspadaan masyarakat akan potensi bencana hidrometeorologi saat masa peralihan misalnya : hujan lebat, angin kencang/puting beliung dan badai guntur/petir.

Presentasi Adhitya Prakoso, M.Met.

Maulani Septiadi, S.Tr. dari BMKG Stasiun Klimatologi Banjarbaru, menjelaskan kondisi dinamika atmosfer di Kalimantan Selatan. Kondisi September 2020 indeks ENSO menunjukkan pada kriteria La Nina lemah dan diprediksi menuju La Nina moderat, sehingga menambah potensi peningkatan curah hujan di Indonesia hingga Maret 2021. Monsun Australia tetap aktif hingga pertengahan Oktober 2020. Suhu muka laut di Indonesia kondisi hangat sehingga didominasi anomali positif hingga November 2020. Bulan Oktober 2020 Kalimantan Selatan diprakirakan didominasi curah hujan kriteria menengah (100-300 mm).

Presentasi Maulani Septiadi, S.Tr.

Goeroeh Tjiptanto, M.T.I. Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Banjarbaru menyampaikan Prakiraan Musim Hujan 2020/2021 di Kalimantan Selatan. Awal Musim Hujan (AMH) 2020/2021 di Kalimantan Selatan diprakirakan terjadi pada Oktober III (akhir Oktober) 2020. Perbandingan Prakiraan Awal Musim Hujan 2020/2021 terhadap normalnya lebih banyak “sama”, dengan persentase sebesar 66,7 %. Sifat Musim Hujan umumnya normal dengan persentase 83,3%. Prakiraan Puncak Musim Hujan 2020/2021 di Kalimantan Selatan umumnya Desember 2020 di bagian Utara, Januari 2020 di bagian Selatan dan Juni 2021 di bagian Timur.

Presentasi Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Banjarbaru

Acara ini diikuti berbagai kalangan dengan antusias melalui ZOOM dan Youtube, dilanjutkan dengan materi diskusi dengan moderator Enu Bahtiar S, MS Kepala Seksi Observasi BMKG Stasiun Klimatologi Banjarbaru. Rekaman acara ini dapat disaksikan melalui link berikut.

Foto bersama peserta

Masyarakat Kalimantan Selatan dihimbau agar selalu memonitor informasi terkini dari BMKG. Perlunya kewaspadaan dan penyiapan secara lebih dini dan optimal untuk upaya mitigasi menghadapi musim hujan. Informasi iklim di Kalimantan Selatan dapat dipantau melalui web http://iklim.kalsel.bmkg.go.id, instagram, youtube dan twitter @iklimbanua, facebook @Stasiun Klimatologi Banjarbaru serta wa Info Iklim : 0811-5127890. Salam iklim; kenali iklimnya, rencanakan kegiatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *