Press Release Prakiraan Musim Kemarau 2021 Provinsi Kalimantan Selatan

Banjarbaru (22/04/2021) BMKG Stasiun Klimatologi Banjarbaru melakukan kegiatan Press Release Prakiraan Musim Kemarau 2021 Provinsi Kalimantan Selatan secara Online Meeting. Launching Prakiraan Musim kemarau untuk wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 Musim kemarau Kalimantan Selatan Tahun 2021. Kapan Awal Musim Kemarau di Kalimantan Selatan. Bagaimana Sifat Musim Kemarau Tahun 2021 di Kalimantan Selatan. Acara ini dibuka oleh DR. Ir. Dodo Gunawan, DEA Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG.

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG

Sambutan Goeroeh Tjiptanto, M.T.I. Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Banjarbaru, menjelaskan bahwa dalam prakiraan awal musim kemarau tahun 2021 ini saat keadaan masih dalam kondisi La Nina. Buletin prakiraan awal musim kemarau kali ini ditambahkan dengan memperkenalkan Penentuan Awal Musim Tanam dengan mempertimbangkan jejak rekam data ZOM di Kalimantan Selatan.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Banjarbaru

Materi Press Release Prakiraan Musim Kemarau 2021 Kalimantan Selatan ini menampilkan 3 (tiga) orang pemateri. Khairullah, M.Si. dan Imam Ali Taba M, A.Md. (BMKG Stasiun Klimatologi Banjarbaru) serta M. Aditya Prakoso, M.Met. (BMKG Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin). Informasi ini dapat dilihat kembali melalui link youtube sebagai berikut di sini.

Khairullah, M.Si. menjelaskan tentang Prakiraan Musim Hujan dan Kondisi Iklim Terkini. Prakiraan Awal Musim Kemarau (AMK) 2021 di wilayah Kalimantan Selatan diprakirakan berkisar pertengahan Mei (Mei II) s.d. awal Agustus (Agustus I). Umumnya terjadi pada pertengahan dan akhir Juni (Juni II dan Juni III). Perbandingan Prakiraan Awal Musim Kemarau terhadap normalnya di wilayah Kalimantan Selatan lebih banyak “mundur ” dari rata-ratanya, sebesar 75 %. Prakiraan “Sifat Hujan” Musim Kemarau di wilayah Kalimantan Selatan, diprakirakan lebih banyak bersifat “Atas Normal” dengan persentase sebesar 67 %. Prakiraan Puncak Musim Kemarau 2021 di wilayah Kalimantan Selatan berkisar Juli – September 2021. Umumnya Agustus 2021 sebesar 50%. Kondisi La Nina masih berlangsung hingga April 2021 ini walaupun intensitasnya telah melemah. Berbagai pusat layanan iklim di dunia menjelaskan La Nina mungkin akan beralih menjadi netral dan sebagian lagi menjelaskan La Nina kembali berlanjut. Kondisi IOD netral dan akan terus berlangsung hingga Agustus 2021. Masyarakat diminta waspada saat puncak musim kemarau akan potensi titik panas, karhutla dan kekeringan.

M. Adhityo Prakoso, M.Met menjelaskan tentang Update Cuaca Terkini. Beberapa hari ke depan di Kalimantan Selatan sebagian cerah dan berawan, namun masih ada potensi hujan ringan-sedang sifatnya lokal. Gelombang tinggi mencapai hingga 2 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan sekitar Kalimantan Selatan dalam satu minggu ke depan. Potensi munculnya hotspot di wilayah Kalimantan Selatan mulai bertambah seiring dengan berkurangnya jumlah curah hujan. Gelombang tinggi mencapai hingga 2 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan sekitar Kalimantan Selatan dalam satu minggu ke depan. Masyarakat, perlu diwaspadai potensi terjadinya bencana di masa peralihan dengan memantau terus info cuaca, iklim dan kegempaan yang valid dari infoBMKG.

Imam Ali Taba Marino, A.Md memperkenalkan salah satu cara memanfaatkan data iklim BMKG dengan membuat rencana tanam melalui pertimbangan Jejak Rekam Data ZOM (Zona Musim) di Kalimantan Selatan. Dengan mempertimbangkan peluang curah hujan dan panjang periode tanam di daerah masing-masing, dapat dimanfaatkan membuat simulasi tanam yang kita perlukan.

Masyarakat Kalimantan Selatan dihimbau agar selalu memonitor informasi terkini dari BMKG. Perlunya kewaspadaan dan penyiapan secara lebih dini dan optimal untuk upaya mitigasi menghadapi musim kemarau. Informasi iklim di Kalimantan Selatan dapat dipantau melalui web http://iklim.kalsel.bmkg.go.id, instagram, youtube @iklimbanua, twitter @iklimbanua1, facebook @Stasiun Klimatologi Banjarbaru serta wa Info Iklim : 0811-5127890. Salam iklim; kenali iklimnya, rencanakan kegiatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *